Penulis / NIM
YESNI NUWA / 331309007
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
ASMINAR MOKODONGAN / 0028087703
Pembimbing 2 / NIDN
MEILINDA L MODJO, SST.Par, MM.Par / 0030057601
Abstrak
ABSTRAK
Yesni M Nuwa. Penerapan reliability roomboy dalam meningkatkan kebersihan kamar tamu Hotel Bali Kuta Resort, Bali. Tugas Akhir. Jurusan Pariwisata Konsentrasi Perhotelan Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo 2013.
Rumusan masalah ini adalah bagaimana penerapan reliability roomboy dalam meningkatkan kebersihan kamar tamu di Hotel Bali Kuta Resort.
Dengan tujuan sebagai upaya meningkatkan kinerja roomboy dalam membersihkan kamar tamu di Hotel Bali Kuta Resort. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif sederhana, dimana data yang dikumpulkan dari hasil observasi, dan wawancara. Kuesioner diklasifikasikan dalam berbagai bentuk untuk memperoleh gambaran bersifat umum dari keseluruhan masalah yang dikaji dalam rumusan masalah, kemudian di dukung teori-teori yang relefan sesuai dengan judul.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan reliability roomboy di Hotel Bali Kuta Resort masih perlu diperhatikan kembali, dan perlengkapan guest supplies masih mengalami kekurangan terutama linen supplies.
Hasil penelitian penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pelayanan roomboy di Hotel Bali Kuta Resort belum sepenuhnya menerapkan reliability dalam hal kecepatan, ketepatan dan kecermatan dalam bekerja. Kemudian di Hotel Bali Kuta Resor juga masih mengalami hambatan dalam perlengkapan guest supplies ini akan mempengaruhi keterlamabatan roomboy dalam membersihkan kamar tamu.
Kata kunci : penerapan reliability, roomboy, kebersihan kamar tamu.
Download berkas