Penulis / NIM
NURJANAH MAATINI / 331311010
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
ASMINAR MOKODONGAN / 0028087703
Pembimbing 2 / NIDN
KRISHNA ANUGRAH, SST.Par, M.Par / 0018117604
Abstrak
ABSTRAK
Maatini Nurjanah, Nim. 331311010. "Strategi Upselling Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Makanan Appetizer Di Restoran Lotus Hotel Maqna Gorontalo". Tugas Akhir, Kosentrasi Perhotelan, Diploma III Jurusan Pariwisata Kosentrasi Perhotelan Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. 2015. Di bawah bimbingan Ibu Asminar Mokodongan, SE., MM.Par selaku pembimbing I dan Bapak Krishna Anugrah, MM., M.Par selaku pembimbing II.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah strategi upselling dalam meningkatkan volume penjualan makanan appetizer di restoran lotus Maqna Hotel Gorontalo.
Adapun tujuan serta kegunaan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah strategi upselling dalam meningkatkan volume penjualan makanan appetizer di restoran lotus Maqna Hotel Gorontalo. sedangkan kegunaan dari penelitian ini terdiri dari 3 unsur, yaitu bagi Akademik, bagi pihak Manajemen hotel, dan khususnya bagi peneliti.
Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriftif kualitatif yaitu peneliti yang terlibat langsung di lapangan sehingga data yang di kumpulkan benar-benar akurat sesuai yang didapatkan dari lapangan dengan kebutuhan dalam penelitian ini. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah Tamu, Pramusaji Restoran Lotus, dan Manajemen Hotel Maqna Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan pemberian kuesioner
Hasil penelitian menunjukan kegiatan upselling yang dilakukan pramusaji khusus untuk makanan appetizer masih sangat kurang, dari pihak manajemen telah melakukan latihan terhadap pramusaji, namun minat dari pramusaji di restoran lotus masih kurang untuk melakukan upselling dalam meningkatkan volume penjualan makanan appetizer. sehingga perlu adanya motivasi dan pengawasan dari manejemen Restoran Lotus terhadap pramusaji. Selain itu program pelatihan upseling perlu ditingkatkan lagi, sehingga pramusaji betul - betul paham dan mampu melakukan standard operating procedure untuk melakukan upselling. Hal ini penulis peroleh berdasarkan hasil kuesioner terhadap tamu yang datang berkunjung ke Restoran Lotus, wawancara terhadap pramusaji dan pihak manajemen Hotel Maqna Gorontalo.
Kata kunci : Strategi, Upselling, Pramusaji, Appetizer.
Download berkas