Penulis / NIM
MOHAMAD BASRI NOPO / 331312011
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
LISNA BANTULU, S.Pd., M.Sc / 0007018101
Pembimbing 2 / NIDN
RENDY WIJAYA, MM.Par / 0031038401
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Basri Nopo, 2015, "Kualitas Pelayanan Ranger Di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur".
Tugas Akhir, Kosentrasi Bina Wisata DIII Jurusan Pariwisata Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo angkatan 2012, sebuah penelitian berlokasi di Pulau Komodo Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah BagaimanakahKualitas Pelayanan Ranger di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kualitas pelayanan ranger di pulau komodo Taman Nasional Komodo, sehingga menjadi dasar acuan dalam meningkatkan kualitas pelayanan ranger di pulau komodo,Taman Nasional Komodo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan trianggulasi konkuren pada analisis datanya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan data kuantitatif yang didukung, di perluas, dan diperkuat oleh data kulitatif. Data kuantitatif menggunakan sampling sebanyak 100 responden, dan data kualitatif menggunakan 10 informan.
Berdasarkan hasil penelitian, di Pulau Komodo Taman Nasional Komodo kualitas pelayanan ranger dalam kategori masih cukup baik atau secara kuantitatif sebesar 65,8%. Dari hasil temuan menunjukan bahwa dari lima dimensi kualitas pelayanan nilai yang tertinggi, yaitutangible dan responsiveness sebesar 68%. Berikutnya, berturut-turut dari nilai yang terendah assurance 63%, reliability 65%, dan emphaty 65%. Kondisi ini masih perlu ditingkatkan terutama pada assurance63% yang akan berpengaruh pada positing destinasi tersebut.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Ranger, dan Komodo
Download berkas