Penulis / NIM
PUPUT RIVANY AMAC / 331312019
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
MEILINDA L MODJO, SST.Par, MM.Par / 0030057601
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BAMBANG SUHARTO, SST. Par., MM.Par. / 0003037202
Abstrak
ABSTRAK
Amac, Puput Rivanny. 2016. Optimalisasi Peran Damhil Sebagai Tempat Pelatihan Mahasiswa Dan Unit Bisnis Kampus. Tugas Akhir , Konsentrasi Bina Wisata, Jurusan DIII Pariwisata, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meilinda Modjo, MM. Par dan Pembimbing II Dr. Bambang Suharto, MM. Par
Esensi permasalahan laboratorium kampus yang krusial adalah keberlanjutan memfasilitasi mahasiswa mendalami teori dengan fakta yang dipelajari melalui kemandiriannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dwifungsi Damhil sebagai pusat pelatihan dan unit bisnis yang bisa dioptimalkan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data didalami melalui wawancara mendalam, pengamatan terlibat, dan studi dokumen. Selanjutnya, data dianalisis dengan teori-teori yang mendasari untuk menjawab permasalahan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TC. Damhil telah berperan secara optimal sebagai tempat pelatihan sekaligus sebagai unit bisnis kampus, meskipun masih ada beberapa kekurangan-kekurangan yang masih berproses untuk menjadi lebih baik. Capaian kedua dwifungsi ini berkontribusi memberikan nilai positif yang saling menguatkan. Paradigma baru tata kelola laboratorium seperti itu mendorong kemampuan kampus semakin mandiri, yaitu memotivasi mahasiswa semakin terampil, membawa kampus semakin mandiri secara finansial, dan semakin bebas menyuarakan kebenaran akademis tanpa intervensi pendukung dana yang bermuatan politis. Adanya optimalisasi dwifungsi ini disarankan untuk bisa memfasilitasi mahasiswa berkompeten dengan biaya murah.
Kata Kunci : Optimalisasi , Mahasiswa, Bisnis Kampus, laboratorium.
Download berkas