Penulis / NIM
PAHLAWANTI HUSAIN / 331313004
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
POPPY ARNOLD KADIR, MM.Par / 0002087605
Pembimbing 2 / NIDN
KRISHNA ANUGRAH, SST.Par, M.Par / 0018117604
Abstrak
Abstrak
Pahlawanti Husain. 2016. Koordinasi dan Komunikasi antara Kantor Depan dengan Tata Graha di Hotel Copthorne Orchid Penang, Malaysia. Tugas akhir, program studi DIII Pariwisata, Fakultas sastra dan budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Poppy Arnold Kadir, SE,. MM, Par dan Pembimbing II Bapak Krishna Anugrah,. MM,. M, Par.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui sejauhmana koordinasi dan komunikasi di hotel Cophorne Orchid Penang, Malaysia. Terutama dibagian Tata Graha dengan Kantor Depan.
Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dengan menjabarkan data yang didapat baik berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian diolah menjadi data yang menunjang proses penelitian. Pada penelitian ini peneliti melakukan teknik penarikan sampel menggunakan sampling Purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, dengan kata lain unit sampel yang dihubungi disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu yang diterapkan berdasarkan dengan tujuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa koordinasi dan komunikasi antara Kantor Depan dengan Tata Graha belum terjalin dengan baik, informasi-informasi penting yang perlu disampaikan dengan cepat tidak tersampaikan dengan cepat sehingga berpengaruh terhadap hasil kinerja room boy/maid.
Penelitian ini disimpulkan bahwa pentingnya koordinasi dan komunikasi antar semua departemen, untuk itu disarankan kepada pihak manajemen untuk lebih memperhatikan dan mengawasi setiap kerja karyawannya sehingga tidak terjadi mis-komunikasi.
Kata Kunci : Koordinasi, Komunikasi, Tata Graha, Kantor Depan
Download berkas