Penulis / NIM
CITRA HANDAYANI ABDULLAH / 331313005
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. BAMBANG SUHARTO, SST. Par., MM.Par. / 0003037202
Pembimbing 2 / NIDN
ASMINAR MOKODONGAN / 0028087703
Abstrak
ABSTRAK
Abdullah, Citra Handayani. 2016. Segmentasi Pasar Di Hotel Grand Q Gorontalo. Tugas Akhir. Fakultas Sastra dan Budaya, Program Studi Diploma III Pariwisata, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Bambang Suharto, ST, MM.Par dan Pembimbing II Asminar Mokodongan, SE, MM.Par
Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh gambaran tentang segmentasi pasar pada Hotel Grand Q Gorontalo, sebagai salah satu akomodasi andalan kepariwisataan di Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan studi dokumentasi, dengan sasaran segmentasi geografis, demografis, dan psikografis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi geografi hotel Grand Q melalui tingkat kunjungan wisatawan berdasarkan wisatawan lokal, domestik dan luar negeri pada tahun 2015 memiliki tingkat hunian yang tertinggi, dan paling banyak didominasi wisatawan lokal. Segmentasi berbasis demografi berdasarkan umur menunjukkan bahwa wisatawan yang pernah atau berada di hotel Grand Q memiliki rata-rata umur 35 - 60 (66,7%). Berdasarkan agama, pengujung yang mendominasi adalah yang beragama Islam (83,3%). Berdasarkan pendapatan berkisar pada pengunjung yang memiliki pendapatan antara Rp. 1.850.000,- - Rp. 3.000.001- (50%), Ditinjau dari wisata favorit, wisata alam nejadi pilihan terbesar yakni mencapai 50%). Berdasarkan segmen psikografi berbasis pendidikan, pengunjung hotel Hotel Grand Q didominasi oleh mereka yang berpendidikan Sarjana/Diploma (83,3%). Dari segi pekerjaan, pengunjung hotel Grand Q paling banyak berasal dari mereka yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil dan ABRI (50%). Mencermati hasil penelitian tentang segmentasi pasar pada Hotel Grand Q Gorontalo ini dengan karakteristik pengunjung hotel sebagaimana digambarkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa wisatawan yang memilih untuk menginap di Hotel Grand Q Gorontalo mayoritas merupakan pebisnis dengan fluktuasi jumlah pengunjung yang tergantung pada intensitas event penting yang diselenggarakan di Provinsi Gorontalo. Oleh karena itu disarankan sebaiknya Hotel Grand Q Gorontalo senantiasa melakukan analisis pasar secara efektif sehingga dapat menentukan strategi segmentasi pasar yang tepat, serta melakukan inovasi yang diarahkan pada peningkatan kualitas pengelolaan dan pelayanan.
Kata kunci: Segmentasi Pasar, Hotel Grand Q Gorontalo
Download berkas