Penulis / NIM
MELIANY SETIOWATI KUMA WIDJAJA / 331315004
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. BAMBANG SUHARTO, SST. Par., MM.Par. / 0003037202
Pembimbing 2 / NIDN
LISNA BANTULU, S.Pd., M.Sc / 0007018101
Abstrak
Meliany Setiowati Kuma Widjaja. 2018. Kualitas Pelayanan Tourist Information Center (TIC) Di Kota Surabaya. Tugas Akhir, Konsentrasi Binawisata Jurusan Pariwisata, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Bambang Suharto, S. ST., MM. Par. dan Pembimbing II Lisna Bantulu, S.Pd., M.Sc.
Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis kualitas pelayanan Tourist Information Center di Kota Surabaya dan faktor-faktor yang menjadi permasalahan dalam peningkatan kualitas pelayanannya. Penelitian ini menggunakan kualitatif. Pengumpulan dapat dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini ingin menjadikan Tourist Information Center Surabaya sebagai percontohan untuk ditempat lain. Jadi, penelitian ini dapat menjadi solusi untuk mengembangkan pariwisata ditempat lain. Sementara itu hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pelayanan (TIC) Tourist Information Center di Kota Surabaya belum optimal atau belum memuaskan yang cenderung dipengaruhi oleh dimensi reliability, responsiveness, dan assurance yang rendah pada nilai kualitatif dengan rata-rata kurang baik dan nilai keseluruhan dari ke-5 dimensi tersebut kurang baik, dan pada nilai kuantitatif dengan score rata-rata 2 dan nilai keseluruhan dari ke-5 dimensi yang rata-ratanya hanya 2.4 di bawah 3. Artinya, kualitas pelayanannya kurang memuaskan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Tourist Information Center, Smart Tourism
Download berkas