Penulis / NIM
NUR ANJELI ALI / 331317010
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
KRISHNA ANUGRAH, SST.Par, M.Par / 0018117604
Pembimbing 2 / NIDN
MEILINDA L MODJO, SST.Par, MM.Par / 0030057601
Abstrak
Nur Anjeli Ali, Nim 331317010. ''Kebutuhan WIsatawan Backpacker Pada Saat Menginap DI Hotel - Hotel Non Bintang Di Kota Gorontalo''. Tugas Akhir. Diploma III Jurusan Pariwisata, Fakultas Sastra Dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Dibawah bimbingan Krishna Anugrah, MM., M.Par selaku Pembimbing I dan Meilinda Lestari Modjo, MM.Par selaku Pembimbing II.
Kota Gorontalo merupakan Kota Transit bagi wisatawan asing yang akan menuju ke Pulau Togean Propinsi Sulawesi Tengah, dan sebaliknya wisatawan asing dari Pulau Togean yang akan melanjutkan perjalanan ke Manado, Makassar, dan Jakarta. Wisatawan asing dengan kategori backpacker yang transit lebih memilih hotel - hotel non bintang di Kota Gorontalo untuk beristirahat dan sekedar menyimpan barang. Wisatawan backpacker hanya membutuhkan fasilitas kamar tanpa fasilitas lain yang mewah dikarenakan biaya yang terbatas. Selain kebutuhan kamar wisatawan backpacker juga memiliki kebutuhan pelayanan lainnya selama menginap di hotel non. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kebutuhan wiatawan backpacker pada saat menginap di hotel - hotel non bintang di Kota Gorontalo? Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan perpaduan metode Kualitatif dan Kuantitatif sederhana. Data diperoleh secara langsung dilapangan, berupa informasi yang didapatkan melalui penyebaran angket kepada wisatawan sebagai data utama, sedangkan sbagai data pendukung didapatkan melalui wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, wisatawan backpacker secara tangible membutuhkan eat three times a day, heat pump water heater, dan laundry. Kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan dasar bagi tamu yang menginap. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pihak hotel dapat menyediakan dengan cara bekerjasama dengan pihak lain terutama untuk eat three times a day dan laundry. sedangkan kebutuhan lain yang bersifat pelayanan seperti pada. Dimensi Empaty, Reliability, Responsivenees, dan Assurance, rata - rata dari hasil kuensioner menunjukan hasil yang baik, hanya beberapa aspek yang masih perlu di perbaiki lagi. Agar bisa memenuhi kebutuhan wisatawan secara optimal dalam pengelolaan hotelnya, maka kelima dimensi pelayanan tersebut masih perlu ditingkatkan lagi.
Kata Kunci : Kebutuhan, wisatawan backpacker, hotel nin bintang.
Download berkas