Penulis / NIM
PUTRI AYU ARIFIN POLA / 331318003
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
RENDY WIJAYA, MM.Par / 0031038401
Pembimbing 2 / NIDN
YUMANRAYA NOHO, S.Pd., M.Sc / 0013068802
Abstrak
ABSTRAK
Putri Ayu Ariin Pola, NIM 331318003. "Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Di Rumah Makan Pada Saat Pandemi Covid-19 Di Kota Gorontao (Studi Kasus: RM Roemah Marly), Tugas Akhir Jurusan Diploma III Pariwisata, Fakultas Program Pendidikan Vokasi, Universitas Negeri Gorontalo, 2020 dibawah bimbingan Rendy Wijaya, MM.Par. Selaku pembimbing I dan Yumanraya Noho, S.Pd.,M.Sc. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja selama masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif. Metode penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 92 orang. Jenis data dalam penelitian ini yakni primer. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran angket melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja di rumah makan pada saat pandemi Covid-19 di Kota Gorontalo khususnya di Rumah Makan Roemah Marly, dimana perubahan tersebut pada intensitas konsumen untuk melakukan pembelian lebih dominan dilakukan secara online. Pada tahun 2020 sebagian besar konsumen melakukan pembelian secara online secara intens, namun untuk tahun 2021 pembelian secara online mulai berkurang dan mulai bisa untuk makan ditempat. Pembelian secara online memberikan dampak positif dan juga negatif konsumen, sehingga pemilihan dan preferensi konsumen akan pembelian online cukup beragam dan kontinuitas pemesana konsumen pada Roemah Marly juga bergantung pada bagaimana promo dari jasa penyedia kurir layanan antar makanan pemesanan secara online.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Masa Pandemi Covid-19
Download berkas