Penulis / NIM
DEA RAMADHANNINGSIH / 331318013
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
POPPY ARNOLD KADIR, MM.Par / 0002087605
Pembimbing 2 / NIDN
RENDY WIJAYA, MM.Par / 0031038401
Abstrak
ABSTRAK
Dea Ramadhanningsih, NIM 331318013. OPTIMALISASI EXPERIENTIAL MARKETING DI MAQNA HOTEL PADA MASA PANDEMI COVID-19. Tugas AkhirJurusan Diploma III Pariwisata, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, 2020 dibawah bimbingan Poppy Arnold Kadir, SE., MM. Selaku pembimbing I dan Rendy Wijaya, MM.Par. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis sense, feel, think, act, dan relate pada pelanggan di Maqna Hotel by Prasanthi dalam mengoptimalkan experiential marketing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa yang menjadi faktor penggerak sense, feel, think, act, dan relate pada pelanggan di Maqna hotel by prasanthi dan Bagaimana strategi hotel Maqna mengoptimalkan experience para tamu yang pernah menginap. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kuantitatif, prosedur pengumpulan data yang diperoleh melalui pengumpulan angket/questioner, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teori yang saya gunakan yaitu teori dari Bernd H. Schmitt, 1999,buku tersebut menceritakan tentang Experiential Marketing (How to Get Customers to SENSE, FEEL, THINK, ACT, and RELATE to Your Company and Brands). Adapun permasalahan dilapangan yang sering terjadi seperti Ac rusak, tamu yang mendapatkan kamar yang tidak memiliki jendela, lift rusak,pelayanan kurang responsive, dan kurangnya penataan karawo sebagai budaya Gorontalo. Yang saya temukan dilapangan yaitu banyaknya keluhan terhadap prodak dan pelayanan yang diberikan oleh Hotel Maqna kepada pelanggan. Dan kesimpulan yang saya tarik dari permasalahan diatas bahwa sebagian pengunjung menyatakan sangat setuju dari aspek Relate.
Kata Kunci : Experience, Marketing, Pandemi Covid-19, Opimalisasi.
Download berkas