Penulis / NIM
MAYANG AMU / 331319005
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
MEILINDA LESTARI MODJO, SST.Par, MM.Par / 0030057601
Pembimbing 2 / NIDN
RENDY WIJAYA, MM.Par / 0031038401
Abstrak
ABSTRAK
Mayang Amu, NIM 331319005. Upaya Rumah Makan Di Desa Olele Dalam Mendukung Pariwisata Minat Khusus Di Objek Wisata Taman Laut Olele Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Tugas Akhir. Jurusan Diploma III Pariwisata, Program Vokasi, Universitas Negeri Gorontalo, 2022. Dibawah bimbingan Meilinda Lestari Modjo MM.Par. selaku pembimbing I dan Rendy Wijaya, MM.Par selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Rumah Makan Dalam Mendukung Pariwisata Minat Khusus Di Objek Wisata Taman Laut Olele Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Rumusan masalah dalam penilitian ini adalah bagaimanakah peluang usaha rumah makan dan upaya yang bisa dilakukan oleh fasilitas rumah makan untuk mendukung pariwisata minat khusus di Objek Wisata Taman Laut Olele.
Analisis data yang digunakan adalah Kualitatif berupa uraian yang mendalam tentang tulisan, dan perilaku yang dapat diamati melalui wawancara masyarakat, Di Desa Olele dari pemilik rumah makan, wisatawan ataupun kelompok sadar wisata, dalam suatu keadaan, konteks tertentu yang dikaji dari sudut pandang yang menyeluruh. Data berupa hasil dari observasi, melakukan wawancara dan pengambilan dokumentasi, kemudian disusun dan diuraikan dalam bentuk narasi, sumber data di peroleh dari data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa upaya rumah makan di Desa Olele dalam mendukung pariwisata minat khusus di Objek Wisata Taman Laut Olele belum optimal dalam memberikan fasilitas yang lengkap ke wisatawan untuk bisa meningkatkan atau memperbaiki destinasi wisata di Desa Olele. Fasilitas-fasilitas penunjang inilah yang seharusnya dapat mendukung wisatawan datang ke destinasi wisata tersebut. Rumah makan juga bisa menjadi salah satu fasilitas penunjang karena wisatawan yang datang untuk healing akan merasakan kelaparan dan kehausan sehingga bisa membantu wisatawan yang ingin mencari makan dan minum. Mereka juga berupaya menawarkan bebagai jenis makanan dan minuman agar bisa memenuhi kepuasan tamu. Dari keempat rumah makan ini masing-masing dapat dilihat dari produk memiliki variasi menu yang berbeda-beda. Variasi plattingnya menggunakan piring biasa/panstove, pengemasannya bisa pakai daun pisang atau kertas nasi. Aspek pelayanan selalu menawarkan makanan demikian juga dengan taking order menggunakan bahasa yang baik, penguasan makanan dan minuman sudah dikuasai. Pengelolaan operasional rumah makan yaitu pemilik rumah makan tersebut.
Kata kunci: Rumah Makan, Pariwisata, Wisata Minat Khusus
Download berkas