SKRIPSI

Penulis / NIM
ROSNANIA / 341407022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
Doktor RIANA DIAH SITHARESMI, S.Sn., M.A / 0024037305
Pembimbing 2 / NIDN
NUGRA PUTRA PILONGO, S.Pd, M.Sn / 0020038302
Abstrak
ABSTRAK Rosnania. 2012 Tengge-Tengge sebagai Stimulus Kreativitas Tari pada Siswa Kelas VIII3 SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Riana Diah Sitharesmi, S.Sn. MA, dan Pembimbing II Nugra P. Pilongo, S.Pd. M.Sn Penelitian ini merupakan sebuah upaya menggunakan Tengge-Tengge sebagai stimulus dalam pembelajaran kreativitas tari, sehingga fokus permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana permainan anak Tengge-Tengge memotivasi siswa dalam berkreasi tari. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pengalaman kepada siswa tentang cara berkreasi tari mengingat hal tersebut merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran seni tari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan persentase Penilaian Acuan Patokan (PAP) Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa perolehan siswa dalam melakukan rangsang tari termasuk dalam kualifikasi sangat baik dengan nilai rata-rata 27,12 dengan persentase keberhasilan 90,3%. Perolehan siswa dalam membuat motif gerak tari termasuk dalam kualifikasi cukup dengan rata-rata nilai 16,96 dengan persentase keberhasilan 73,9%. Perolehan siswa dalam membuat dinamika termasuk dalam kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 5,4 dengan persentase keberhasilan 67,9%. Hasil perolehan siswa dalam membuat pola lantai termasuk dalam kulifikasi cukup dengan nilai rata-rata 6,5 persentase keberhasilan 72,1%. Hasil perolehan siswa dalam menyesuiakan gerak dengan irama musik termasuk dalam kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 9,8 dengan persentase keberhasilan 62,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa siswa mampu membuat sebuah kreativitas tari sederhana. Hal ini harus terus dilakukan dan dibutuhkan latihan yang cukup serta jam pelajaran tambahan agar keterampilan siswa makin meningkat. Kata Kunci :Tengge-Tengge, stimulus, kreativitas, tari
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011