SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI INTAN MASTURI / 341408034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Abstrak
Sri Intan Masturi. 2016, Pembelajaran rangsang awal dalam cipta tari tunggal pada siswa VIII-5 di SMP Negeri 6 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sendratasik. Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd., M.Sn dan pembimbing II, La Ode Karlan, S.Pd., M.Sn. Maksud dari judul penelitian ini yakni membelajarkan seni tari bagi siswa SMP menggunakan metode rangsang awal dengan harapan siswa mampu menghasilkan kreativitas tari. Berangkat dari permasalahan yang peneliti temukan dilapangan, pembelajaran seni tari yang cenderung menggunakan metode ceramah dan demonstrasi membuat siswa kurang berminat dan tidak bersemangat mengikuti mata pelajaran ini. Hal ini disebabkan faktor kurangnya kompetensi guru seni budaya dibidangnya, khususnya pembelajaran seni tari. Melihat keadaan diatas peneliti menawarkan metode yang digunakan oleh Jacquline Smith, yang disebut rangsang awal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi terhadap pembelajaran seni tari melalui metode rangsang awal dalam mencipta gerak tari di kelas VIII-5 di SMP Negeri 6 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan dekriptif analisis kualitatif, Yaitu mendeskripsikan hasil pembelajaran seni tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu Observasi, Wawancara, dokumentasi, praktek tari, dan catatan harian. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII- 5 di SMP Negeri 6 Gorontalo dengan jumlah siswa 30 0rg. Akan tetapi hanya 5 siswa yang ikut pada penelitian ini, Yakni 4 perempuan dan 1 Laki- Laki, karena penelitian ini dilaksanakan diluar jam pelajaran yakni kegiatan extrakurikuler. Berdasarkan hasil penelitian, dan dilihat pada kriteria penilaian serta indikator capaian, kelima orang siswa tersebut dapat dikatakan berhasil. Jadi dalam penelitian pembelajaran seni tari dengan menggunakan metode rangsang awal dapat menumbuhkan motivasi yang berujung pada kreativitas siswa, sehingga pembelajaran seji tari tidak terasa membosankan Kata Kunci : Pembelajaran, rangsang awal, Cipta Tari, Tunggal
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011