SKRIPSI

Penulis / NIM
JUBAIDAH MONAYANTI FATHAN / 341409016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
Doktor RIANA DIAH SITHARESMI, S.Sn., M.A / 0024037305
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIPLI, S.Pd, M.Sn / 0026037702
Abstrak
Fathan, Jubaidah Monayanti NIM: 341 409 016 : “Pengembangan Motif Gerak Tari Motiheluma Sebagai Metode Pembelajaran Kreativitas Tari Dikelas VIII-1 SMP Negeri 2 Telaga Biru Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo”. Pengembangan motif gerak adalah perubahan sebuah gerakan dari gerakan sebelumnya kemudian dikembangkan dari segi ruang, tenaga, waktu dan volume. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah, apakah dengan mengembangkan motif gerak tari siswa dapat menghasilkan gerak baru yang nantinya akan di rangkai menjadi sebuah tarian baru yang sederhana. Sebab, pembelajaran tari khususnya praktek di SMP Negeri 2 Telaga Biru kurang berjalan dengan baik, sehingga minat siswa dalam menari terhambat yang membuat pengalaman mereka dalam berkreativitas tidak tersalurkan. Pengembangan motif gerak tari yang akan di terapkan adalah mengambil motif tari motiheluma. Motif yang diambil adalah motif yang sederhana dan mampu dikembangkan oleh siswa SMP pada umumnya, yaitu dengan jumlah lima motif yang terdiri dari motif Art mendak, Art Zig-zag, Art Jinjit, Jalan Zig-zag dan Art Tereretet. Setelah mengembangkan motif siswa merangkai gerak, memberi unsur dinamika, pengolahan ruang yang terdiri dari leveling dan pola lantai, terakhir memberi unsur musik pada hasil rangkaian gerak sebelumnya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk penyajian analisis deskriptif. Menentukan apakah pengembangan motif gerak tari dapat berpengaruh dalam praktek tari siswa, peneliti menentukan tahap pengumpulan data primer yaitu, pengembangan motif, membuat komposisi tari, dan data yang diperoleh akan dianalisi secara deskriptif. Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Biru khusunya kelas VIII-1 yang berjumlah 22 orang yang menjadi populasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan motif gerak tari motiheluma yang merupakan jenis tari kreasi yang bernuansa tradisi juga dapat digunakan sebagai metode untuk mengembangkan kreativitas siswa kelas VIII-1. Terbukti dengan siswa menyajikan kepada peneliti kemampuan mereka dalam merangkai gerak, mengkomposisi tari, dengan perolehan nilai oleh dua kelompok baik sekali, presentase keberhasilan masing – masing 98.33 % dan 96.66 %. Satu kelompok memperoleh keberhasilan dengan predikat baik, presentasi keberhasilan 88.33 % dan kelompok terakhir dengan predikat cukup, presentasi keberhasilan 75 %. Sedangkan kurang dan kurang sekali 0% tidak ada. Kata Kunci : Pengembangan Motif, Tari, Kreativitas.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011