SKRIPSI

Penulis / NIM
FEBRIYANTO ABDULLAH / 341409031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
ZULKIPLI, S.Pd, M.Sn / 0026037702
Pembimbing 2 / NIDN
NUGRA PUTRA PILONGO, S.Pd, M.Sn / 0020038302
Abstrak
ABSTRAK Febriyanto abdullah, 2015. Pembelajaran Tabuhan dasar rebana Tidi Lo O Ayabu pada siswa kelas V di SD Negeri Wonggarasi Barat Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato. Skripsi program studi pendidikan Seni Drama,Tari dan Musik , Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Zulkipli. S.Pd, M.Sn. Dan Nugra p.Pilongo, S.Pd, M.Sn. Pembelajaran merupakan suatu proses belajar yang dibangun oleh guru sesuai kreatifitas berfikir yang meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan anak hendaknya guru lebih kreatif dalam menyampaikan materi dan memilih metode yang tepat agar siswa - siswa merasa tertarik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 5 SD Negeri Wonggarasi Barat Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato yang bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Tabuhan dasar dasar rebana Tidi Lo O Ayabu, menumbuhkan minat siswa dalam seni musik tradisi ,mengetahui keberhasilan yang diperoleh guru dan siswa , melatih keberanian siswa dalam memainkan musik, serta menambah pengalaman dalam bidang seni khususnya musik Metode penelitian menggunakan metode pengajaran kualitatif yg bersifat deskriptif. Tehnik Penelitian mnggunakan tehnik observasi,wawancara dan dokumen untuk pengunpulan data. berdasarkan hasil pengajaran dapat dikatakan berhasil sesuai dengan tujuan pmbelajaran yang di terapkan. Hal tersebut dapat dilihat pada rencana pembelajaran sesuai dengan tahapan pembelajaran dimana metode ceramah,demonstrasi siswa dapat menangkap pembelajaran musik secara tepat dan dapat memainkan rebana sesuai yg di harapakan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses 1.pembelajaran Tabuhan dasar rebana Tidi Lo O Ayabu dapat memotivasi siswa dalam hal pembelajaran musik tradisional.2. Rasa kreatifitas siswa tumbuh dengan cara memberikan bentuk ransangan awal atau pengenalan alat musik tradisi secara utuh sehingga siswa dapat mengasah otaknya untuk menghafal serta menyukai mata pelajaran seni budaya dan ketrampilan khususnya di bidang musik nusantara. 3.Menjadi bahan acuan bagi peneliti khususnya guru seni budaya yang lain dan sekolah dalam proses pembelajaran seni budaya dan ketrampilan Kata kunci : Pembelajaran, Tabuhan Dasar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011