Penulis / NIM
SALMA A. YUNUS / 341409034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Pembimbing 2 / NIDN
MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Abstrak
ABSTRAK
Salma A. Yunus, 2016. "Pembelajaran Gerak Dasar Gesture Binatang Melalui Metode Eksplorasi pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bolango Utara Kabupaten Bone Bolango". Skripsi Program Study Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ipong Niaga S.Sn.,M.Sn dan Pembimbing II Mimy A. Pulukadang S.Pd.,M.Sn.
Pelajaran seni tari merupakan salah satu pembelajaran yang membutuhkan peran seorang guru untuk dapat memberikan suatu metode-metode pembelajaran. Penerapan Metode Eksplorasi pada pembelajaran seni tari untuk mendeskripsikan hasil ide ataupun pemikiran peserta didik dalam mencipta gerak dasar tari melalui gerak gesture binatang di alam sekitar melalui metode Eksplorasi pada kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Bolango Utara. Pembelajaran tari yang memanfaatkan gerak gestur dari binatang melalui metode Eksplorasi memang belum pernah dilakukan sebelumnya baik dalam pembelajaran di sekolah maupun di kegiatan ekstrakurikuler maka dari itu, peneliti bermaksud untuk memotivasi agar siswa mampu mendapatkan pengetahuan dan mengembangkan ide atau hasil pemikirannya dan mampu menciptakan sendiri gerakan tari sesuai dengan objek yang di amati ataupun ditirukan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang di temukan peneliti (1) Seluruh siswa berhasil mengamati atau bereksplorasi pada tingkat konsentrasi berfikir pada objek-objek yang di amati dan pemilihan objek yang benar. (2) Seluruh siswa berhasil Mencipta gerak dasar melalui metode eksplorasi dan sesuai dengan objek yang telah di amati.
Kata Kunci : Pembelajaran, Gerak Dasar Tari, Eksplorasi.
Download berkas