Penulis / NIM
SRI RAHAYU BIKI / 341410042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
ZULKIPLI, S.Pd, M.Sn / 0026037702
Pembimbing 2 / NIDN
MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Abstrak
ABSTRAK
Sri Rahayu Biki, 2015. Pembelaran Tari Kreasi Marwas Melalui Metode Think Pair Share Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sendratasik. Fakultas Sastra dan Budaya Unive :rsitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Zulkipli, S.Pd, M.Sn. pembimbing 2 : Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd, M.Sn.
Pembelajaran disekolah merupakan suatu proses kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik. Pada pembelajaran seni budaya khususnya seni tari dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka dalam menari dan dapat memahami seni tari itu sendiri. Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Tilamuta Kabupaten Boalemo ini bertujuan untuk membelajarkan seni budaya khususnya seni tari menggunakan metode Think Pair Share. Proses pembelajaran seni budaya dengan menggunakan metode Think Pair Share ini peserta didik sangat tebantu dalam proses pembelajaran seni budaya dan peserta didik dapat memiliki peningkatan dalam hal menari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran tari kreasi marwas melalui metode Think Pair Share menunjukan bahwa 1). Seluruh siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Tilamuta yang berjumlah 16 orang hanya sebagian siswa yang mampu melakukan gerakan tari kreasi marwas berdasarkan penilaian-penilaian tertentu. 2). Peserta didik mampu mengembangkan potensi mereka dalam menari.
Kata kunci : Pembelajaran, tari kreasi marwas, metode Think Pair Share
Download berkas