Penulis / NIM
RISKA PILOMONU / 341410045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Pembimbing 2 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Abstrak
ABSTRAK
Riska Pilomonu, 2015. Pembelajaran Tari Mohala Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas XB SMA Negeri 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sendratasik, Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd, M.Sn dan pembimbing II : Ipong Niaga, S.Sn, M.Sn.
Pembelajaran seni tari merupakan salah satu mata pelajaran Seni Budaya yang ada di SMA Negeri 1 Limboto Barat, pelajaran seni tari adalah mata pelajaran yang mengharuskan siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti proses pembelajaran, dengan adanya mata pelajaran seni tari, dapat membantu melestarikan kebudayaan yang ada didaerah setempat. Melalui proses pembelajaran seni tari mohala dengan menggunakan metode demonstrasi, sangat efektif membantu peserta didik dalam melakukan gerak tari, dengan metode demonstrasi siswa dapat memahami, melihat dan memperagakan gerak tari mohala yang dipertunjukan oleh peneliti didepan kelas.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif, adapun teknik dalam pengumpulan data, yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah dari 24 orang peserta didik, yang mendapatkan hasil sangat baik adalah 17%, yang mendapatkan nilai baik adalah 21%, yang mendapatkan nilai cukup adalah 37%, dan yang mendapatkan nilai kurang adalah 25%.
Kata kunci : Pembelajaran, tari kreasi Mohala, Metode Demonstrasi
Download berkas