Penulis / NIM
WIDYAWATI BAKARI / 341411016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Pembimbing 2 / NIDN
NUGRA PUTRA PILONGO, S.Pd, M.Sn / 0020038302
Abstrak
ABSTRAK
Widyawati Bakari, 2015 Pembelajaran Ritme Melalui Lagu Tumbu-Tumbu Balanga dan Lakatum Leo-Leo Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Limboto, Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd M.Sn, dan Pembimbing II Nughra P. Pilongo S.Pd M.Sn.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu proses pelaksanaan Pembelajaran Ritme Melalui Lagu Tumbu-Tumbu Balanga dan Lakatum Leo-Leo Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Limboto. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang pembelajaran ritme dan juga memberdayakan kembali permainan tradisional dalam proses pembelajaran. Data diperoleh melalui observasi, dan dokumentasi dari proses pembelajaran, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif analisis.
Pembelajaran Ritme Melalui Lagu Tumbu-Tumbu Balanga dan Lakatum Leo-Leo Pada Siswa Kelas VII, melalui langkah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Materi ajar meliputi pengertian Musik Nusantara, Unsur-unsur musik, jenis musik nusantara, permainan tradisional nusantara, serta praktek membaca ritme melalui notasi simbol dengan menggunakan suara, tepukan tangan, dan marwas. Pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang dilakukan sebelumnya. Dari proses pembelajaran ini maka mendapatkan hasil evaluasi dengan siswa 7 orang yang baik sekali, 8 orang yang baik, dan 9 siswa yang cukup, dan ada 4 orang siswa yang berkriteria kurang. Sehingganya hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dipengaruhi oleh keaktifan, individual, metode pembelajaran yang diberikan didalam kelas, dan media pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran, Ritme, Tumbu-Tumbu Balanga dan Lakatum Leo-Leo
Download berkas