Penulis / NIM
FATRIANI SALEH / 341411020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
ZULKIPLI, S.Pd, M.Sn / 0026037702
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Abstrak
ABSTRAK
FATRIANI SALEH. NIM. 341 411 020 (Skripsi 2018). Pembelajaran Lagu Tinilo Tidi Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Buntulia Kabupaten Pohuwato. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni, Drama, Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Zulkifli, S.Pd, M.Sn Selaku Pembimbing I, dan La Ode Karlan, S.Pd, M.Sn selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanakaan Pembelajaran Lagu Tinilo Tidi Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Buntulia Kabupaten Pohuwato. Adapun metode pembelajaran yang digunakan ialah Metode Demontrasi yang diaplikasikan dengan Langkah- langkah Pembelajaran Musik Syahroni. Metode Demonstrasi ialah metode mengajar dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan suatu pokok bahasan materi pelajaran kepada Siswa, kemudian Siswa mendemonstrasikan kembali apa yang diperagakan guru terhadap pokok bahasan materi pelajaran itu. Sedangkan Langkah- langkah Pembelajaran Musik Syahroni ialah suatu langkah- langkah dalam pembelajaran musik dengan cara melatih Siswa Irama, melodi, dan harmoni terhadap materi lagu yang diajarkan. Untuk itu pada saat pelaksanaan penelitian, Peneliti melatih Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Buntulia Kabupaten Pohuwato Lagu Tinilo Tidi dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan irama, melodi, dan harmoni lagu Tinilo Tidi pada Siswa kemudian Siswa mendemonstrasikan kembali Irama, melodi, dan harmoni lagu Tinilo Tidi tersebut, agar siswa Siswa lebih mudah memahami materi lagu yang diajarkan.
Dari pelaksanaan penelitian diperoleh hasil bahwa, Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Buntulia Kabupaten Pohuwato, mampu menyanyikan lagu Tinilo Tidi dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil akhir pada tahap evaluasi pembelajaran bahwa Siswa yang mampu mempraktekkan lagu Tinilo Tidi dengan baik sesuai dengan skor maksimum indikator penilaian ialah sebanyak 17 Siswa dan Siswa yang belum mampu memahami materi lagu Tinilo Tidi dengan baik ialah sebanyak 3 Siswa. Dengan demikian dinyatakan bahwa, Pelaksanaan Pembelajaran Lagu Tinilo Tidi dengan menggunakan Metode Demonstrasi yang diaplikasikan dengan Langkah- langkah Pembelajaran Musik Syahroni dapat meningkatkan kemampuan Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Buntulia Kabupaten Pohuwato dalam memahami materi lagu Tinilo Tidi dengan baik.
Kata kunci : Pembelajaran, Tinilo Tidi, Metode Demonstrasi
Download berkas