Penulis / NIM
SINTAWATI AMANG / 341411025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIPLI, S.Pd, M.Sn / 0026037702
Abstrak
ABSTRAK
Sintawati Amang, 2015 Pembelajran Motif Gerak Tidi Lo Bitu'o melalui Metode Jigsaw pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 2 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Pembelajaran motif gerak tidi lo bitu'o melalui metode jigsaw dilakukan untuk memberikan tambahan pengetahuan, pengalaman praktek menari dan menambah kecintaan siswa terhadap tari daerah kepada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 2 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Pembimbing I Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd, M.Sn, dan Pembimbing II Zulkipli, S.Pd, M.Sn. Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Fakultas Sastra Dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo.
pembelajaran seni tari khususnya pada materi praktek di SMP Negeri 2 Tilamuta Kabupaten Boalemo belum pernah dilaksanakan dalam proses pembelajaran dikelas, hanya dilaksanakan pada saat acara-acara lomba saja, hal tersebut mengakibatkan kurangnya minat siswa dan pengalaman praktek menari. Pembelajaran yang diterapkan yaitu pembelajaran motif gerak tidi lo bitu'o yang memiliki gerakan sederhana dan lambat, sangat cocok untuk dibelajarkan kepada siswa kelas VIII2 yang belum pernah melakukan gerak tari, adapun motif gerak tidi lo bitu'o yang dibelajarkan pada siswa ada empat motif gerak, yang terdiri dari lima belas gerakan dan dibagi pada empat kelompok asal serta dipelajari bergantian oleh siswa satu persatu yang ada pada masing-masing kelompok, yang dinamakan kelompok ahli.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penyajian analasis deskriptif, untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran siswa dengan beberapa hasil dokumentasi yaitu: foto, video dan tugas siswa yang menunjang penelitian tersebut, polpulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tlamuta Kabupaten Boalemo, tetapi dalam penelitian ini peneliti hanya mengambil sampel siswa puteri kelas VIII2, yang berjumlah 16 orang, sesuai dengan jumlah penari aslinya yang terdiri dari empat orang siswa pada masing-masing kelompok. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran motif gerak tidi lo bitu'o melaui metode jigasaw dapat dilakukan siswa dengan baik, hal tersebut terbukti melaui proses dan hasil yang dilaksanakan dalam penelitian, dengan alternatif penilaian yang digunakan yaitu: Sangat baik, baik, kurang baik dan tidak baik.
Kata Kunci : Pembelajaran, Tidi Lo Bitu'o, Metode Jigsaw.
Download berkas