Penulis / NIM
ROCKY TULOLI / 341411038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
ZULKIPLI, S.Pd, M.Sn / 0026037702
Pembimbing 2 / NIDN
MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Abstrak
ABSTRAK
Rocky Tuloli (2017) "Pembelajaran Lagu Indonesia Raya Melalui Metode Dalcroze Pada Siswa Kelas X-2 SMK Kesehatan Prima Utama Kabupaten Bone Bolango". Skripsi, Jurusan Pendidikan Sendratasik. Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Zulkipli, S.Pd., M.Sn, Pembimbing II, Mimy A. Pulukadang S.Pd., M.Sn.
Penelitian ini menggunakan lagu Indonesia Raya untuk diajarkan melalui metode Dalcroze. Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah proses Pembelajaran Lagu Indonesia Raya Melalui Metode Dalcroze pada siswa kelas X-2 di SMK Kesehatan Prima Utama Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan baik dan benar melalui metode Dalcroze. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan bentuk penyajian analisis deskriptif, untuk melihat apakah lagu Indonesia Raya dapat berpengaruh dalam pembelajaran seni musik pada siswa.
Peneliti menentukan tiga tahap pengumpulan data primer, yaitu melatih irama, di tahap pertama, pada tahap kedua mengajarkan ritme, kemudian untuk tahap ketiga latihan dinamika sesuai dengan metode Dalcroze. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMK Kesehatan Prima Utama, tetapi peneliti hanya mengambil sampel siswa kelas X-2 yang berjumlah 32 orang.
Hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa mampu mencapai kategori baik dan semua itu terbukti pada kemampuan siswa dalam menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang mereka sajikan kepada peneliti.
Kata Kunci : Pembelajaran, Lagu Indonesia Raya, Metode Dalcroze.
Download berkas