Penulis / NIM
BAHAR SATRIA NUSI / 341412019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Pembimbing 2 / NIDN
NUGRA PUTRA PILONGO, S.Pd, M.Sn / 0020038302
Abstrak
ABSTRAK
Bahar Satria Nusi. NIM 341412019. 2016. Pembelajaran ansambel campuran melalui metode Dalcroze pada siswa kelas VIII 1 Smp Negeri 14 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: La Ode Karlan, S.Pd, M.Sn dan Pembimbing II: Nugra P Pilongo, S.Pd,M.Sn.
Ansambel merupakan suatu sajian musik yang dimainkan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau alat musik campuran. Penelitian pembelajaran ansambel melalui metode Dalcroze pada siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 14 Gorontalo untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan menganalisis hasil pembelajaran. Metode pengumpulan menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara untuk teknik analisis data dilakukan dengan memperhatikan proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa mulai dari teori dan praktek sampai dengan ujian praktek berdasarkan indikator penilaian yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian dalam Pembelajaran Ansambel Campuran Melalui Metode Dalcroze, siswa dapat memainkan musik secara ansambel dengan baik berdasarkan penilaian-penilaian yang digunakan berupa sangat baik, baik, dan kurang baik.
Download berkas