Penulis / NIM
MIRNAWATI BOLIO / 341412028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Abstrak
ABSTRAK
Mirnawati Bolio, 2016. Pembelajaran Gerak Tidi Lo Polopalo Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII M.Ts Al-Huda Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sendratasik. Fakultas Sastra Dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Ipong Niaga, S.Sn, M.Sn dan Pembimbing II, La Ode Karlan, S.Pd, M.Sn
Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, yaitu mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik dan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid. Pelajaran seni tari merupakan pembelajaran yang membutuhkan peran seorang guru untuk dapat memberikan suatu metode pembelajaran. Penerapan metode seperti metode demonstrasi, dapat membantu siswa dalam kesulitan untuk belajar gerak tari. dimana metode demonstrasi ini adalah cara mengajar dimana seorang instruktur atau tim guru yang menunjukan suatu proses.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan oleh peneliti melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII BP 2 M.Ts Al-Huda Gorontalo, tetapi dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel yang dibelajarkan tari yaitu siswi kelas VII BP 2 yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran gerak Tidi Lo Polopalo melalui metode demonstrasi dapat dilakukan siswa dengan baik. dimana telah ditemukan seluruh siswi telah mendemonstrasikan tarian tersebut dengan baik sesuai dengan penilaian tertentu.
Kata Kunci : Pembelajaran, Tidi Lo Polopalo, Metode Demonstrasi
Download berkas