Penulis / NIM
VERINA M. ABDULLAH / 341412030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Abstrak
ABSTRAK
Verina M. Abdullah. 2016. Pembelajaran Notasi Balok "Lagu Hulondhalo Lipu'u" Pada Siswa Kelas VII-7 SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo.. Skripsi, Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd.,M.Sn dan Pembimbing II: La Ode Karlan, S.Pd.,M.Sn.
Notasi Balok adalah lambang atau tulisan musik dengan mempergunakan 5 garis datar guna menunjukan tinggi rendahnya suatu nada. Pembelajaran ini sengaja dibelajarkan kepada siswa kelas VII khususnya kelas VII-7, karena pembelajaran ini dianggap perlu diajarkan sebagai dasar pembelajaran musik untuk ke tahap selanjutnya. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah metode kualitatif bersifat deskriptif, dengan data yang diperoleh yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dengan memperhatikan praktek yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran hingga pada akhir ujian praktek dan menganalisis kemampuan siswa berdasarkan aspek-aspek penilaian yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa dalam Pembelajaran Notasi Balok Lagu Hulondhalo Lipu'u, hanya ada beberapa siswa yang dapat mempraktekkan dengan baik dan tepat pembacaan notasi balok yang di aplikasikan dalam permainan alat musik pianika. Hal ini dapat dilihat melalui proses dan hasil yang dilakukan dalam penelitian dimana kriteria penilaian yang digunakan yaitu sangat baik, baik, cukup dan kurang.
Kata Kunci : Pembelajaran, Notasi Balok, Lagu Hulondhalo Lipu'u
Download berkas