Penulis / NIM
CHRISTIAN TAMUTU / 341413002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIPLI, S.Pd, M.Sn / 0026037702
Abstrak
ABSTRAK
Christian tamutu, 2018. Pembelajaran Motif Gerak Tari melalui Model picture and picture pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Mimy Astuty Pulukadang, Spd, M.Sn Selaku Pembimbing I, dan Nugrah P. Pilongo, S.Pd, M.Sn selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar hasil yang dicapai dari pelaksanaan Pembelajaran Motif Gerak Tari Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan model picture and picture untuk mencapai hasil evaluasi pembelajaran berdasarkan indikator penilaian.
Model picture and picture merupakan model pembelajaran kooperatif. Picture and picture adalah suatu metode belajar yang mengunakan gambar dan dipasangkan atau dirutkan menjadi urutan yang logis. Picture and picture merupakan suatu model pembelajaran dengan mengunakan media gambar. Dalam oprasionalnya gambar-gambar dipasangkan satu sama lain atau bisa jadi di urutkan menjadi urutan yang logis. Prinsip dasar dalam model pembelajaran kooperatif. Metode picture and picture merupakan proses penerimaan sisswa terhadap materi agar lebih bisa dimengerti dan berkesan, siswapun dapat mengamati setiap motif yang ada pada gambar yang peneliti sediakan dan mampu mereka ikuti atau tirukan disetiap motif yang ada pada gambar tersebut. Metode ini sangat simple tapi sangat banyak maafaatnya buat para siswa, karena dengan andanya model picture and picture dapat mengasah pola pikir dari setiap siswa yang mendapatakan teori tersebut.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan oleh peneliti melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo, namun dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel yaitu hanya 6 orang dalam satu kelas yakni di kelas VIII-2 yang berjumlah 24 orang.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran Motif Gerak Tari melalui model picture and picture dapat meningkatkan keaktifan ,keterampilan siswa kelas VIII-2 dalam memperagakan sebuah motf gerak tari dengan memahami Motif gerak tari, keunikan motif gerak tari dan unsur-unsur pendukung tari. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil akhir evaluasi pembelajaran yang mencapai standar maksmum indikator kinerja, yakni sebesar 75% sesuai dengan indikator penilaian tertentu.
Kata kunci : Pembelajaran, Motif Gerak Tari, Model Picture And Pictures
Download berkas