Penulis / NIM
SUMIATI KAKU / 341413006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Abstrak
ABSTRAK
Sumiati Kaku, 2017. Pembelajaran Tidi Lo Malu'o melalui Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sendratasik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ipong Niaga, S.Sn, M.Sn Selaku Pembimbing I, dan La Ode Karlan, S.Pd, M.Sn selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar hasil yang dicapai dari pelaksanaan Pembelajaran Tidi Lo Malu'o Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan metode Snowball Throwing untuk mencapai hasil evaluasi pembelajaran berdasarkan indikator penilaian.
Metode Snowball Throwing merupakan metode pembelajaran kooperatif dengan cara saling melempar bola salju untuk memotivasi siswa dan dalam mengembangkan kemampuan dan juga untuk menggali kepemimpinan siswa melalui permainan imajinatif yang disebut Snowball Throwing tersebut sehingga siswa bisa terampil dalam menari dengan aspek dan teknik dalam menari. Untuk menerapkan metode tersebut, maka pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan cara melatih siswa menari dengan mengikuti gerakan, ritmis, ekspresi, iringan dan pola lantai Tidi Lo Malu'o serta mengevaluasi hasil pembelajaran dalam bentuk tes dan praktek keterampilan siswa.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan oleh peneliti melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo, namun dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel yaitu kelas VII-2 dan VII-4 yang berjumlah 41 orang karena seluruh kelas VII memiliki karaktersistik yang hampir sama.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran Tidi Lo Malu'o melalui metode Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VII-2 dan VII-4 dalam menari dengan memahami gerak, ekspresi, pola lantai, dan iringannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil akhir evaluasi pembelajaran yang mencapai standar maksmum indikator kinerja, yakni sebesar 75% sesuai dengan indikator penilaian tertentu.
Kata kunci : Pembelajaran, Tidi Lo Malu'o, Metode Snowball Throwing
Download berkas