SKRIPSI

Penulis / NIM
NANGSI RABIASA / 341413008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIPLI, S.Pd, M.Sn / 0026037702
Abstrak
ABSTRAK Nangsi rabiasa, 2018. Pembelajaran Tari Elengge Melalui Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) Siswa Kelas VIII 1 di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Sendratasik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ipong Niaga, S.Sn, M.Sn. Selaku Pembimbing 1, dan Nugrah P. Pilongo, S.Pd, M.Sn. Selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar hasil yang dicapai dari pelaksaan Pembelajaran Tari Elengge Pada Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk mencapai hasil evaluasi pembelajaran berdasarkanindikator penilaian. Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) merupakan salah satu metode dari tipe pembelajaran aktif yang menekankan adanya kerja sama siswa secara berkelompok dalam memecahkan suatu masalah dalam mencapai tujuan belajar. Untuk menerapkan metode tersebut, maka pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan cara melatih siswa menari dengan mengikuti gerak tarian, iringan dan juga pola lantai Tari Elengge serta mengevaluasi hasil pembelajaran dalam bentuk tes tertulis dan praktek keterampilan siswa. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan oleh peneliti ini melalui teknik observasi, dokumenatasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII1 di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo, namun dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel 1 kelompok hanya ada 6 orang siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran Tari Elengge melalui metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VIII1 dengan menari dengan memahami gerak, iringan dan pola lantai. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil akhir evaluasi pembelajaran yang mencapai standar maksimum indikator kinerja, yakni sebesar (belum lengkap) sesuai dengan indikator penilaian. Kata kunci : Pemeblajaran, Tari Elengge, Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011