SKRIPSI

Penulis / NIM
FEBRIWANTO KAKOE / 341413009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Pembimbing 2 / NIDN
MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Abstrak
Febriwanto Kakoe, 2018. Pembelajaran Tari Dana-Dana Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sendratasik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ipong Niaga, S.Sn, M.Sn Selaku Pembimbing I, dan Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd, M.Sn selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar hasil yang dicapai dari pelaksanaan Pembelajaran Tari Dana-Dana Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara dengan menggunakan metode Team Games Tournamet untuk mencapai hasil evaluasi pembelajaran berdasarkan indikator penilaian. Metode Team Games Tournamet merupakan metode pembelajaran kooperatif dengan cara saling bekerja Sama untuk memotivasi siswa dan dalam mengembangkan kemampuan dan juga untuk menggali kepemimpinan siswa melalui permainan kelompok yang imajinatif sehingga siswa bisa terampil dalam menari dengan aspek dan teknik dalam menari. Untuk menerapkan metode tersebut, maka pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan cara melatih siswa menari dengan mengikuti gerakan, ritmis, ekspresi, iringan dan pola lantai Tari Dana-Dana serta mengevaluasi hasil pembelajaran dalam bentuk tes dan praktek keterampilan siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan oleh peneliti melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara, namun dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah 23 orang karena seluruh kelas VIII memiliki karaktersistik yang hampir sama. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran Tari Dana-Dana melalui metode Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 dalam menari dengan memahami gerak, ekspresi, pola lantai, dan iringannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil akhir evaluasi pembelajaran yang mencapai standar maksimum indikator kinerja penilaian tertentu. Kata kunci : Pembelajaran, Tari Dana-Dana, Metode Team Games Tournament
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011