Penulis / NIM
SAMSUDIN KADER / 341413017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
ZULKIPLI, S.Pd, M.Sn / 0026037702
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RIANA DIAH SITHARESMI, S.Sn., M.A / 0024037305
Abstrak
Samsudin kader, 2020 pembelajaran tari soya sya melalui model cooperative learning pada siswa kelas VIII di smp 1 muhammadiyah tidore kepulauan. skripsi jurusan pendidikan sendratasik, fakultas sastra dan budaya, Universitas negeri gorontalo. pembimbing I Zulkipli S.Pd, M.Sn, dan Pembimbing II Dr. Riana Diah Sitharesmi, S.Sn., MA.
Penelitiaan ini mempunyai tujuan untuk mengetahui berapa besar hasil yang di caapai pada pelaksanaan proses pembelajaran gerak tari soya soya melalui model pembelajaran kooperatif atau cooperative learning di smp 1 muhammadiyah tidore kepulauan. untuk mengetahui proses hasil evaluai pembelajaran berdasarkan indikator penilaian. model cooperative learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerja sama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih.
Metodologi penelitian yang di gunakan adaah metode deskriptif kualitatif. data yang di kumpulkan peneliti melalui tekhnik observasi, wawancara, dokumentasi. populasi dalam penelitian ini adalah seluru siswa kelas VIII di smp 1 muhammadiyah tidore kepulauan, sampel adalah 21 siswa yang dapat mengikuti proses pembelajaran dari awal sampai ahir.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pembelajaran tari soya soya mlalui model cooperative learning dapat di katakan berhasil karena dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menari dengan memahami gerak, ekspresi pola lantai, dan iringan musik. Hal tersebut dapat di buktikan melalui proses hasil evaluasi ahir pembelajaran yang mencapai standr maksimum indikator kinerja sebesar 75% sesuai dengan indikator penilaian.
Download berkas