SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMMAD TAUFIK KAU / 341414016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Abstrak
ABSTRAK Muhammad Taufik Kau, 2014. Pengenalan Alat Musik Polopalo dengan menggunakan strategi TGT (Team Games Tournament) pada Kelas VIII-B SMP N 2 Limboto Barat. Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Mimy Astuty Pulukadang S.Pd., M.Sn., Pembimbing 2 La Ode Karlan S.Pd.,M.Sn. Polopalo adalah alat musik tradisional dari daerah Gorontalo. Alat musik Polopalo terbuat dari bambu dan cara memainkannya adalah dengan memukulkan polopalo pada lutut atau pada pemukul. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan proses pembelajaran disekolah terkait seni musik lebih khusunya lagi musik tradisional. Tujuannya adalah agar para peserta didik mengetahui dan memahami musik tradisional terutama alat musik polopalo Untuk pengenalan alat musik polopalo, peneliti menggunakan strategi TGT (Team Games Tournament). Tujuan dari penggunaan strategi ini yaitu TGT (Team Games Tournament) merangsang peserta didik untuk lebih fokus dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Hal ini dikarenakan dalam tahapan pelaksanaan TGT (Team Games Tournamnet) terdapat turnamen akademik dimana turnamen ini akan mempertandingkan perwakilan dari masing-masing kelompok yang sebelumnya telah dibentuk. Pelaksanaan pembelajaran ini melalui 8 kali pertemuan yang terdiri dari 5 kali pertemuan untuk pemberian materi, sekali pertemuan untuk belajar tim, dan 2 kali pertemuan untuk evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini, tercatat dari ketiga kelompok yang ada semuanya mampu meraih predikat yang ditentukan. Yaitu tim musik meraih predikat tim baik pada turnamen putaran ketiga, tim tradisional meraih predikat tim baik pada turnamen putaran kedua dan ketiga, serta tim polopalo meraih predikat tim sangat baik pada turnamen putaran pertama dan predikat tim baik pada turnamen putaran ketiga. Kemudian untuk evaluasi individu, dari 15 peserta didik yang menjadi sampel tercatat ada 7 peserta didik yang termasuk kategori sangat baik, 3 peserta didik dengan kategori baik, 2 peserta didik dengan kategori cukup, dan 3 peserta didik termasuk kategori kurang. Kata kunci : Pengenalan, polopalo, Team Games Tournament
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011