Penulis / NIM
TIVA ANGGRAINI BEREKI / 341414017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Pembimbing 2 / NIDN
NURLIA DJAFAR, S.Pd., M.Sn / 0015048908
Abstrak
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengenai proses pembelajaran tari pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo, dimana peran guru lebih dominan dan siswa kurang aktif didalam kelas. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran hingga memperoleh hasil daripada pembelajaran tari saronde kreasi menggunakan strategi active learning pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan instrumen penilaian. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo, dan yang menjadi sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-4, berjumlah 36 orang.
Hasil yang diperoleh yaitu, strategi active learning berhasil membuat seluruh siswa aktif dan bersemangat. Pada evaluasi dan penilaian akhir terdata bahwa 29 orang siswa memperoleh nilai dengan kategori sangat baik yaitu dengan skor nilai 90-100. Sementara, 6 orang siswa memperoleh nilai dengan kategori baik dengan skor nilai 85-89, dan 1orang siswa memperoleh nilai dengan kategori cukup yaitu dengan skor nilai 80.
Kata kunci : Strategi, Active Learning, Saronde Kreasi.
Download berkas