SKRIPSI

Penulis / NIM
TIVA ANGGRAINI BEREKI / 341414017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Pembimbing 2 / NIDN
NURLIA DJAFAR, S.Pd., M.Sn / 0015048908
Abstrak
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengenai proses pembelajaran tari pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo, dimana peran guru lebih dominan dan siswa kurang aktif didalam kelas. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran hingga memperoleh hasil daripada pembelajaran tari saronde kreasi menggunakan strategi active learning pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan instrumen penilaian. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo, dan yang menjadi sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-4, berjumlah 36 orang. Hasil yang diperoleh yaitu, strategi active learning berhasil membuat seluruh siswa aktif dan bersemangat. Pada evaluasi dan penilaian akhir terdata bahwa 29 orang siswa memperoleh nilai dengan kategori sangat baik yaitu dengan skor nilai 90-100. Sementara, 6 orang siswa memperoleh nilai dengan kategori baik dengan skor nilai 85-89, dan 1orang siswa memperoleh nilai dengan kategori cukup yaitu dengan skor nilai 80. Kata kunci : Strategi, Active Learning, Saronde Kreasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011