Penulis / NIM
						ARVAIN DAMITI / 341414019
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
						Pembimbing 1 / NIDN
						RAHMAWATI OHI, S.Pd, M.Sn / 0008057406
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
						Abstrak
						Arvain Damiti, 2014. Pembelajaran Bernyanyi Paduan Suara Melalui Strategi Student Team Achievement Division Di Kelas VII-BP 1 MtsN 1 Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Rachmawaty Ohi S.Pd., M.Sn., dan Pembimbing 2 Mimy Astuty Pulukadang S.Pd., M.Sn.
Bernyanyi paduan suara merupakan proses berlatih secara kelompok yang melibatkan beberapa orang yang meliputi proses pembelajaran teori, serta proses pembelajaran praktek yang bertujuan agar terciptanya pengetahuan siswa mengenai bernyanyi paduan suara baik secara teori maupun praktek.
Dalam pelaksanaan pembelajaran Bernyanyi paduan suara peneliti menggunakan strategi student team achievement division. Strategi ini merupakan sistem kerja kelompok, yang bertujuan memecahkan masalah dengan berlatih secara berkelompok. Pelaksanaan pembelajaran ini melalui 4 kali pertemuan, dalam  4 kali pertemuan ada 2 kali pertemuan untuk evaluasi hasil belajar.
Dari hasil penelitian, penilaian individu dari 3 kelompok, bobot nilai maksimal 100. Kelompok 1 memperoleh nilai rata-rata 90. Kelompok 2 memperoleh nilai rata-rata 86,25. Dan kelompok 3 memperoleh nilai rata-rata 85. Dan untuk penilaian kelompok, secara keseluruhan siswa belum mencapai standar indikator penilaian, Namun sebagian telah mencapai indikator penilaian.  Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pembelajaran bernyanyi banyak suara melalui strategi student team achievement division cukup meningkatkan pengetahuan kreatifitas siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran, Paduan Suara, student team achievement division.
						Download berkas