Penulis / NIM
AGUNG HIDAYATULLAH LENDEON / 341414020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Abstrak
Agung hidayatullah lendeon, 2014. Pembelajaran seni peran melalui metode konsiderasi pada siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Kabila kabupaten Bone Bolango. Skripsi, program studi pendidikan seni drama tari dan musik, fakultas sastra dan budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Ipong niaga S.Sn., M.Sn dan pembimbing 2 Mimy Astuty pulukadang S.Pd., M.Sn
Seni drama adalah curahan perasaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk gerak bercerita yang diramu dengan musik yang sesuai. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu proses pelaksanaan dalam pembelajaran seni peran pada siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO. Tujuannya yaitu melalui proses seni peran siswa dapat mengolah kreativitas mereka dalam seni peran, serta memberikan pemahat siswa tentang berakting dan membaca naskah drama.
Dalam pelaksanaan pembelajaran seni peran, peneliti menggunakan pembelajaran metode konsiderasi. Metode ini merupakan sistem kerja kelompok, yang tujuannya yaitu menciptakan sebuah drama ataupun karya. Pelaksanaan pembelajaran ini melalui proses 8 kali pertemuan, dan 2 kali pertemuan untuk melakukan evaluasi hasil belajar.
Hasil pembelajaran seni peran, terdata bahwa 5 kelompok berhasil mengaplikasikan sebuah naskah, namun hanya 2 kelompok yang bisa menampilkan karya seni peran dalam akting yang baik. Hasil rekapitulasi tes tertulis peneliti lakukan berdasarkan hasil jawaban dari para siswa tentang soal-soal yang diberikan oleh peneliti sebagai bahan untuk evaluasi. Hal ini juga dilakukan oleh peneliti untuk melihat sejauh mana perkembangan dan kemampuan siswa dalam memahami materi yang sudah di ajarkan oleh peneliti dengan menggunakan metode konsiderasi pada seni peran
Kata kunci : pembelajaran,seni peran
Download berkas