Penulis / NIM
DELIM U. ABAS / 341415002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Pembimbing 2 / NIDN
NURLIA DJAFAR, S.Pd., M.Sn / 0015048908
Abstrak
Delim Abas, 2022.Pembelajaran Penggarapan Tari Kreasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa.Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Ipong Niaga S.Sn., M.Sn., dan Pembimbing 2 Nurlia Djafar S.Pd., M.Sn.,
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pembelajaran seni budaya khususnya pada materi seni tari. Dalam hal ini pada proses pembelajaran sesuai dengan kopetensi peserta didik diharapkan mampu menggarap sebuah karya tari kreasi dan di pentaskan langsung oleh peserta didik tersebut. Mengacu pada observasi yang dilakukan pada proses pembelajaran ternyata siswa belum mampu menggarap sebuah karya tari yang di sebabkan oleh beberapa permasalahan di antaranya pengembangan ide-ide kreatif peserta didik yang belum berhasil, siswa belum menguasai metode penggarapan seperti dalam meneksplorasi gerak, dan siswa belum mampu menentukan tema tari. Dengan demikian permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran penggarapan tari kreasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa.
Dalam penelitian ini peneliti mengacu pada metode konstruksi yang di kemukakan oleh Jaquelin Smith yaitu eksplorasi, improvisasi dan pembentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran penggarapan tari kreasi pada siswa SMA Negeri 1 Suwawa
Hasil penelitian yang dilakukan kepada 10 orang peserta didik yang menjadi sampel penelitian ini menunjukan kemajuan yang cukup baik. Dimana peserta didik mampu menciptakan sebuah gerakan secara individu dan mampu menyatukan gerak pada setiap kelompok masing-masing. Pada proses evaluasi akhir peserta didik yang sebelumya telah dibagi menjadi perkelompok mampu menampilkan karya tari. Sesuai dengan hasil evaluasi peserta didik berdasarkan karya tari yang telah di ciptakan bahwa peserta didik sudah cukup baik dalam penguasaan materi seni tari terutama pada proses penggarapan seni tari kreasi. Seperti Nampak pada kelompok satu yang berhasil menggarap tari yang berjudul Dayango, Kelompok dua dengan judul Karawo, dan kelompok tiga dengan judul Covid-19.
Kata Kunci : pembelajaran, tarian kreasi, penggarapan tari kreasi.
Download berkas