Penulis / NIM
						YAYAN PILOBU / 341415012
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
						Pembimbing 1 / NIDN
						LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
						Pembimbing 2 / NIDN
						IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
						Abstrak
						ABSTRAK
Yayan Pilobu, 2015. Pembelajaran Musik Ensemble Campuran Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tibawa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 La Ode Karlan S.Pd., M.Sn., dan Pembimbing 2 Ipong Niaga S.Sn., M.Sn.
Musik ansambel adalah memainkan musik secara bersama-sama menggunkan satu jenis alat musik maupun lebih dari satu alat musik. Permsalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran pada bermain musik asambel pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tibawa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan peserta didik dapat memainkan bentuk musik ansambel yang baik, selain itu dapat memberikan pemahaman siswa terhadap pembelajaran bermain musik ansambel.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode demonstrasi, dimana dalam metode ini peneliti memperagakan sesuatu yang kemudian diikuti oleh peserta didik. Proses pembeljaran dilakukan sebanyak 8 kali, 2 kali pertemuan untuk menjelaskan teori, 5 kali pertemuan praktek dan 1 kali pertemuan melakukan evaluasi hasil pembelajara.
Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap 5 orang sampel yang telah dipilih, kelima orang pesrta didik tersebut bisa memainkan musik ansabel dengan cukup baik. Untuk proses penilaian dibagi menjadi dua yaitu, penilaian individu dan penilaian kelompok. Dengan demikian dinyatakan bahwa pembelajaran musik ansambel melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dibidang seni musik, khususnya musik ansambel.
Kata Kunci : Pembelajaran, Demonstrasi, Musik ansambel
						Download berkas