Penulis / NIM
FEBRIANTO A. NOGE / 341415013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIANA DIAH SITHARESMI, S.Sn., M.A / 0024037305
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Abstrak
ABSRTAK
Febrianto A. Noge, 2015. Pembelajaran Motif Gerak Tari Melalui Metode Discovery Learning Sebagai Bentuk Kreativitas Sebagai Bentuk Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Selatan. Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Dr. Riana Diah Sitharesmi, S,Sn, MA, Pembimbing 2 : La Ode Karlan S,Pd, M,Sn.
Penelitian ini bertujuan membelajarkan suatu strategi belajar yang dapat mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari melalui metode discovry learning yang dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Dengan kreativitas, peserta didik mampu melakukan motif gerak tari serta dapat mengembangkanya melalui tahapan eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Disamping itu dapat mengekspresikan diri melalui gerak-gerak tari yang peserta didik dapatkan sendiri.
Pembelajaran seni budaya khususnya seni tari dengan menggunakan metode discovery learning ini agar peserta didik memiliki kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran, khusunya dalam penemuan untuk mencari motif gerak tari. peserta didik dituntut menjadi mandiri dalam belajar dan mendorong berkembangnya rasa ingin tahu peserta didik dalam mencari sesuatu yang baru.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriftif analisis. Karena data yang didapatkan melalui proses observasi, wawancara, testertulis, tespraktek, dan dokumentasi nanti akan disajikan dalam bentuk gambaran penelitian. Pelaksanaan pembelajaran ini dilaksanakan selama 8 kali pertemuan. Serta sampel yang peneliti gunakan kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Selatan.
Hasil yang diperoleh dari melaksanakan penelitian ini bisa dikatakan berhasil. Pembelajaran motif gerak tari dengan menggunakan metode discovery learning ini meningkatkan kreativitas peserta didik dalam menemukan motif gerak tari serta memahami apa saja tahapan dalam mengembangkan motif gerak tari tersebut. Dan membuat peserta didik lebih aktif lagi dalam belajar di kelas.
Kata Kunci : Pembelajaran, Motif Gerak Tari, Discovery Learning, Kreativitas
Download berkas