SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI RAHAYU SUMAMPOW / 341415014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIANA DIAH SITHARESMI, S.Sn., M.A / 0024037305
Pembimbing 2 / NIDN
NURLIA DJAFAR, S.Pd., M.Sn / 0015048908
Abstrak
ABSTRAK Sri Rahayu Sumampow. 2022. Ragam Gerak Tari Linthe Sebagai Sumber Merangkai Gerak Tari Kreasi Di Kelas XI IPA 1A SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama Tari Dan Musik, Jurusan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra Dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Riana Diah Sitharesmi, S. Sn, MA dan Pembimbing 2 Nurlia Djafar S. Pd, M.Sn. Salah satu sub materi pokok pembelajaran seni tari edisi 2017 untuk kelas XI semester 1 sesuai dengan kurikulum dan silabus yang ada di SMA adalah Merangkai Gerak Tari Kreasi. Pada proses pembelajaran merangkai gerak tari kreasi, peserta didik melakukan observasi ke beberapa narasumber yang telah ditentukan oleh guru untuk mendapatkan ragam gerak tari kreasi. Namun demikian, peserta didik masih sulit mengikuti gerakan-gerakan tari yang bersifat informatif dan dilakukan sekali saja. Maka dari itu peneliti menempatkan diri sebagai narasumber dengan terlebih dulu mengajarkan ragam-ragam gerak tari linthe daerah Gorontalo yaitu tari linthe. Ragam gerak tari linthe sebagai sumber merangkai gerak tari kreasi sekaligus untuk mengenalkan pengetahuan tari daerah gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses ragam gerak tari linthe sebagai sumber merangkai gerak tari kreasi di kelas XI IPA 1A SMA Negeri 1 Tapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang peneliti gunakan diperoleh dari hasil pembelajaran pada siswa kelas XI IPA 1A SMA Negeri 1 TAPA., Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, yang dilaksanakan selama 8 kali pertemuan. Sampel yang diambil adalah 5 siswa dari 10 peserta didik di kelas tersebut. Dalam mencari ragam gerak di gunakan prosedur merangkai gerak tari kreasi di mulai dari ekplorasi, improvisasi, evaluasi dan diakhiri dengan komposisi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yaitu peserta didik menyajikan gerak tari kreasi dengan 1 rangkaian gerak utuh berdurasi 2,5 menit lengkap dengan iringannya. Hal ini menunjukan bahwa siswa berhasil merangkai gerak tari kreasi dengan mendasarkan pada ragam gerak tari linthe. penilaian didasarkan dari aspek aspek ekplorasi, improvisasi, evaluasi dan komposisi yang dilakukan oleh masing-masing peserta didik. Dari hasil penilaian tersebut diperoleh bahwa 4 siswa mendapatkan nilai Baik, dan 1 siswa mendapat nilai Cukup. Kata kunci: tari linthe, merangkai gerak, tari kreasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011