Penulis / NIM
RAHMAT DALILA / 341416007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Abstrak
ABSTRAK
Rahmat Dalila, 2021. Pembelajaran BernyanyiVokal Solo MelaluiMetodeDemonstrasipadaSiswaKelas IX-7 SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 LaodeKarlan, S.Pd., M.Sn., dan Pembimbing 2 Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd., M.Sn.
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman praktek bernyanyi solo pada proses pembelajaran. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yakni di sekolah tersebut guru sekedar menjelaskan materi materi pembelajaran teknik vokal seperti artikulasi, pernafasan, resonansi, vibrato, dan interpretasi, tanpa mencontohkannya sehingga siswa belum terlalu mengerti tentang bagaimana teknik vokal tersebut, Oleh sebab itu siswa harus dilibatkan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa lebih memperhatikan penjelasan dari guru dan fokus pada kegiatan yang dilakukan.
Penelitian ini menggunakan metode Demonstrasi dalam proses belajar mengajar. Dimana metode ini merupakan cara penyajian materi pelajaran melalui tindakan/peragaan yang diperjelas dengan ilustrasi, serta pernyataan secara oral (lisan) dan visual (pandang). Peneliti menerapkan metode pembelajaran Demonstrasi ini agar dapat mempermudah proses pembelajaran dan dapat mengasah keaktifan belajar siswa.
Hasil dari penelitian yang dilakukan kepada 5 orang peserta didik yang menjadi sampel penelitian ini dengan menggunakan Metode Demonstrasi berhasil menerapkan materi pembelajaran bernyanyi vokal solo/tunggal, Sesuai dengan evaluasi yang dilakukan peneliti dari kelima peserta didik ada 2 orang peserta didik yang mendapatkan nilai 90 dengan kriteria nilai sangat baik.
Kata Kunci : Pembelajaran, BernyanyiVokal Solo, MetodeDemonstrasi.
Download berkas