Penulis / NIM
SITI CHAIRUN NISSA BIKI / 341416008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Pembimbing 2 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Abstrak
ABSTRAK
Siti Chairun Nissa Biki, 2020. Pembelajaran Konsiderasi Dalam Penguasaan Teknik Seni Peran Pada Siswa Kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Tibawa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universita Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan La Ode Karlan S.Pd, M.Sn. Selaku pembimbing 1, dan Ipong Niaga S.Sn, M,Sn. Selaku pembimbing 2.
Model pembelajaran Konsiderasi adalah model pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran dalam pembentukan sikap, model pembelajaran ini dalam implementasinya pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Tibawa mendorong siswa agar mampu merumuskan keputusannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran sikap menjadi bagian ini dari pembelajaran serta mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran konsiderasi dalam penguasaan teknik seni peran pada siswa kelas XI IPA 4 di SMA N 1 Tibawa. Maka pelaksanaan pembelajaran sikap dilakukan di tengah pembelajaran dalam penguasaan teknik seni peran.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan oleh peneliti dalam proses penelitian ini melalui teknik observasi, dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada dua aspek pencapaian yang mampu dicapai dalam pembelajaran ini yakni aspek dari segi psikomotorik (keterampilan) dan juga afektif (sikap) dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran konsiderasi dalam penguasaan teknik seni peran yang diajarkan pada siswa kelas XI IPA 4 dapat menjadi bagian ini dari pembelajaran penguasaan teknik seni peran.
Kata kunci : Pembelajaran, konsiderasi, teknik seni peran
Download berkas