SKRIPSI

Penulis / NIM
JALIL FAJAR / 341416010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Pembimbing 2 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Abstrak
Jalil Fajar, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Rotating Roles Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Seni Budaya Meragakan Adegan Fragmen Di Kelas Vii-4 Smp Negeri 1 Tapa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd.,M.Sn. dan Pembimbing 2 Ipong Niaga,S.Sn., M.Sn. Fragmen merupakan cuplikan atau petikan sebuah cerita lakon yang dipentaskan baik diatas panggung maupun di depan kelas. fragmen sering juga disebut sebuah pementasan teater dengan durasi yang singkat.jadi, meragakan adegan fragmen adalah meragakan cuplikan pementasan teater dengan durasi yang singkat.Permasalahan dalam penelitian ini yaitu proses pelaksanaan pembelajaran seni budaya meragakan adegan fragmen pada siswa kelas VII-4 di SMP Negeri 1 Tapa. Tujuannya yaitu melalui proses pembelajaran seni budaya meragakan adegan fragmen dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik olah tubuh, olah rasa, dan olah suara dalam seni teater. Dalam pelaksanaan pembelajaran meragakan adegan fragme, peneliti menggunakan model pembelajaran rotating roles. Model pembelajaran ini merupakan suatu model pembelajaran yang dalam penerapannya dilakukan dengan cara memberikan kesempatan pada setiap peserta didik untuk melatih kecakapan melalui bermain drama tentang situasi kehidupan nyata. Pelaksanaan pembelajaran ini melalui 7 kali pertemuan, dan 1 kali pertemuan untuk melakukan evaluasi hasil belajar. Dari hasil akhir pembelajaran, terdata bahwa 5orang yang dijadikan sampel hasil belajarnya meningkat dan mendapat nilai diatas kriteria ketuntasan minimal yang di tentukan. Dengan demikian dinyatakan bahwa pembelajaran meragakan adegan fragmen dengan menggunakan model pembelajaran rotating roles dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibidang seni teater, khususnya meragakan adegan fragmen. Kata Kunci : Pembelajaran, Meragakan, Adegan Fragmen.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011