Penulis / NIM
SRI RAMONA M. ARIDI / 341416011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Pembimbing 2 / NIDN
NURLIA DJAFAR, S.Pd., M.Sn / 0015048908
Abstrak
ABSRTAK
Sri Ramona M Aridi, 2022, Pembelajaran Tidi Da�a menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII SMPN 15 Kota Gorontalo.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Mimy Astuty Pulukadang S.Pd,M.Sn.,dan Pembimbing 2 Nurlia Djafar,S.Pd, M.Sn.
Penelitian ini dilakukan karena adanya beberapa permasalahan yang ditemui dalam proses pembelajaran. adapun permasalahan dalam penelitian ini yang berkenaan dengan pembelajaran tari tradisi yakni peserta didik belum mengetahui tari tradisi khususnya Tidi Da�a.
Penelitian ini menggunakan media pembelajaran media audio-visual dalam proses belajar mengajar. Dimana media audio-visual dapat membantu mengstimulus minat belajar siswa terhadap seni tari. Hasil penelitian yang dilakukan kepada 6 orang peserta didik yang menjadi sampel penelitian ini, terdapat progres yang sangat signifikan. Dimana peserta didik mampu mengenal secara baik serta dapat menarikan Tidi Da�a dengan baik dan benar.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran Tidi Da�a menggunakan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran Tidi Da�a yang dapat dilihat dari siswa yang sudah memahami dan dapat menarikan Tidi Da�a dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil akhir evaluasi pembelajaran yang mencapai standar maksimum sesuai dengan indikator penilaian.
Kata Kunci : Pembelajaran, Tidi Da�a, media audio-visual
Download berkas