Penulis / NIM
						DEYS TIANANDA YUSUF / 341416012
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dr. RIANA DIAH SITHARESMI, S.Sn., M.A / 0024037305
						Abstrak
						ABSTRAK
Deys Tiananda Yusuf, 2016. Pembelajaran Tidi Lo Polopalo Melalui Metode Cooperative Learning Pada  Kelas VIII A Di SMP Negeri 3 Gorontalo. 
Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari Dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Mimy A. Pulukadang, S.Pd., M.Sn dan pembimbing 2 Dr. Riana Diah Sitharesmi S.Sn., M.A.
Seni tari adalah ungkapkan perasaan yang di salurkan melalui gerak dan mengomposisikan unsur-unsur gerak  seperti wiraga, wirama, dan wirasa. Permasalahn dalam penelitian  ini adalah proses pelaksanaan dalam pembelajaran seni tari ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½..."Tidi Lo Polopalo ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½..." pada kelas VIII A di SMP Negeri 3 Gorontalo. Tujuan dari proses pembelajaran ini adalah agar siswa dapat mengetahui tarian daerah yang ada di Gorontalo sekaligus menambah pengetahuan siswa dalam bidang Seni Tari.
Dalam pelaksanaan Pembelajaran Tidi Lo Polopalo peneliti menggunakan Metode Cooperative Learning. Motede ini merupakan sistem kerja kelompok yang tujuannya adalah siswa tidak hanya bertanggung jawab untuk keberhasilan diri sendiri akan tetapi juga keberhasilan dari teman kelompoknya. Pelaksanaan pembelajaran ini di lakukan selama 6x pertemuan. 
Dari jumlah 24 siswa, 18 siswa putri yang melakukan tarian tersebut dan untuk siswa laki-laki belajar mengenai teori tarian daerah khususnya Tidi Lo Polopalo. Namun dalam proses pembelajaran peneliti melakukan pembelajaran daring untuk seluruh siswa dan lurung untuk 6 sampel penelitian. Selanjutnya 6 sampel yang sudah di ajarkan secara langsung mengajarkan kembali pada siswa lainnya.
Dari hasil akhir penelitian, terdata semua siswa perempuan yang sudah di bagi dalam 3 kelompok berhasil meragakan Tidi Lo Polopalo. Sedangkan untuk evaluasi penilaian individu terdata bahwa 2 orang kategori sangat baik, 15 orang kategori baik dan 1 orang kategori cukup. Dengan demikian pembeljaran Tidi Lo Polopalo melalui Metode Cooperative Learning dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang seni tari, khususnya pembelajaran Tidi Lo Polopalo.
Kata Kunci : Pembelajaran, Tidi Lo Polopalo, Cooperative Learning.
						Download berkas