Penulis / NIM
FAJRI IBRAHIM / 341416020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Abstrak
Fajri Ibrahim, 2021. Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Drama Menggunakan Metode Brainstorming dan Teknik Latihan Terbimbing Pada Siswa Kelas XII IPA 6 Di SMA Negeri 1 Telaga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Ipong Niaga S.Sn., M.Sn., dan Pembimbing 2 Mimy Astuty Pulukadang S.Pd., M.Sn.
Menulis adalah salah satu kegiatan yang harus dikuasai siswa dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan menulis diharapkan siswa dapat menuangkan idenya baik yang bersifat ilmiah maupun imajinatif. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis naskah Drama menggunakan Metode Brainstorming dan Teknik Latihan Terbimbing Pada Siswa Kelas XII IPA 6 di SMA Negeri 1 Telaga. Tujuannya yaitu mendeskripsikan proses dan tahapan Menulis naskah Drama dengan menggunakan Metode Brainstorming dan Teknik Latihan Terbimbing Pada Siswa Kelas XII IPA 6 di SMA Negeri 1 Telaga.
Dalam pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama, peneliti menggunakan metode Brainstorming dan teknik latihan terbimbing. Metode ini merupakan perpaduan antara metode tanya jawab dan diskusi. Penggunaan Metode ini bertujuan untuk menghasilkan ide - ide yang baru serta meningkatkan kreatifitas siswa dalam menulis naskah drama.
Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada tiga aspek pencapaian yang mampu dicapai dalam pembelajaran menulis naskah drama yakni Judul, Cerita, dan Tema. Dari hasil akhir menunjukkan bahwa siswa mampu menulis naskah drama dengan menggunakan metode Brainstorming dan teknik latihan terbimbing.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Naskah Drama, Brainstorming
Download berkas