SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI FADILA KUM / 341417015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIANA DIAH SITHARESMI, S.Sn., M.A / 0024037305
Pembimbing 2 / NIDN
NURLIA DJAFAR, S.Pd., M.Sn / 0015048908
Abstrak
ABSTRAK Koem, Sri Fadila 2017. Pembelajaran Apresiasi Tari Elengge Melalui Metode Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 5 Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Riana Diah Sitharesmi, S.Sn., MA dan Pembimbing 2 Nurlia Djafar S.Pd., M.Sn., Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya apresiasi peserta didik akan seni tari yang ada di Povinsi Gorontalo serta keaktivan peserta didik didalam kelas pada siswa di SMAN 5 Gorontalo Utara. Dalam proses pembelajaran apresiasi peserta didik belum bisa menerapkan proses apresiasi itu sendiri, suasana pembelajaran didalam kelas juga masih sedikit kaku atau hanya guru yang berperan aktif didalamnya, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penalitian di sekolah tersebut. Peneliti menggunakan metode pembelajaran Think-Pair-Share agar dapat menambah referensi guru untuk metode pembelajaran yang baru agar pembelajaran lebih efektif. Peningkatan pengetahuan siswa kelas XI ipa 1 setelah menerapkan metode kooperatif tipe think-pair-share ini mengalami peningkatan di setiap pertemuan. Dilihat dari proses belajar siswa hingga pada hasil akhir, dimana peneliti melakukan ujian tes tulis dan praktek penerapan 5 ragam gerak tari elengge. tiga kelompok memperoleh nilai dengan kategori sangat baik yaitu dengan skor nilai >85. Kemudian ada satu kelompok yang mendapat nilai dengan kategori baik, yaitu dengan skor nilai 75-84, dan satu kelompok mendapatkan nilai dengan kategori cukup baik yaitu dengan skor nilai 65-74. Penelitian ini dikatakan berhasil atau dapat meningkatkan kemampuan siswa karena berdasarkan perolehan nilai masing-masing siswa mendapatkan nilai rata-rata 82. Pembelajaran apresiasi tari elengge menggunakan motode think-pair-share dapat mendukung siswa untuk memahami serta meningkatkan keaktifan siswa didalam kelas. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil akhir evaluasi pembelajaran yang mencapai standar maksimum. Hal ini juga didukung dengan nilai yang diperoleh siswa dari evaluasi tes dan praktek yang mendapatkan nilai rata Ãยข�" rata 82. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran think-pair-share pada siswa kelas XI materi apresiasi dapat menambah pengetahuan dan keterampilan siswa terutama pada keterampilan seni khususnya seni tari. Kata Kunci : pembelajaran, apresiasi tari, metode think-pair-share.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011