Penulis / NIM
ZULIANSYAH HIDAYAT / 411404035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstrak
ABSTRAK
Zuliansyah Hidayat. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Visitor Sistem Model (Sistem Tamu) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Limas (studi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP N 13 Gorontalo pada materi limas). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd (II) Drs. Perry Zakaria, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Seberapa besar kemampuan siswa pada materi limas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Visitor Sistem Model (Sistem Tamu). Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII-4 SMP N 13 Gorontalo yang berjumlah 29 orang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif
Dengan menggunakan uji normalitas Liliefors diperoleh harga = 0,1198. Sedangkan dari daftar nilai kritis Liliefors pada taraf nyata = 0,05 diperoleh harga = 0,161. Sesuai dengan kriteria pengujian Terima sampel berdistribusi normal jika < , berarti data sampel berdistribusi normal.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kemampuan siswa pada materi limas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe visitor sistem model (sistem tamu) kurang dari 60%.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Visitor Sistem Model (Sistem Tamu, Matematika, Limas.
Download berkas