SKRIPSI

Penulis / NIM
HARIYANTO S. AUNA / 411405036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Pembimbing 2 / NIDN
USMAN GANI / 0022065509
Abstrak
ABSTRAK Hariyanto S. Auna, NIM. 411405036. “PENGARUH PEMANFAATAN PROGRAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Paleleh) Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media MPI dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Paleleh pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2011/2012 dengan rancangan posttes-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMA Negeri 1 Paleleh. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Sampling Purposive. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media MPI lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Bangun Ruang. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media MPI lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Bangun Ruang.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011