Penulis / NIM
ROKIJA MAMONTO / 411406004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK
Rokija Mamonto. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. H. Ali Kaku, M. Pd (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction sebagai variabel bebas dan peningkatan hasil belajar sebagai variabel respon, adapun desain penelitiannya adalah “ pre-test and post-test group ”.
Subjek populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri atas 385 orang. Sedangkan sampelnya adalah 38 orang yang diambil dengan menggunakan random kelas dengan asumsi bahwa kelas yang diambil homogen. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo dengan menggunakan model pembelajaran ATI secara umum adalah 23.32 %. Pada kategori tinggi rata-rata peningkatannya adalah 24.71%, pada kelompok sedang rata-rata peningkatannya adalah 21.96% dan pada kelompok rendah rata-rata peningkatannya adalah 26.57%.
Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012 yang diajar melalui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI)
Kata Kunci : Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI), Prestasi Belajar Matematika
Download berkas