SKRIPSI

Penulis / NIM
ROKIJA MAMONTO / 411406004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK Rokija Mamonto. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. H. Ali Kaku, M. Pd (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction sebagai variabel bebas dan peningkatan hasil belajar sebagai variabel respon, adapun desain penelitiannya adalah “ pre-test and post-test group ”. Subjek populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri atas 385 orang. Sedangkan sampelnya adalah 38 orang yang diambil dengan menggunakan random kelas dengan asumsi bahwa kelas yang diambil homogen. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo dengan menggunakan model pembelajaran ATI secara umum adalah 23.32 %. Pada kategori tinggi rata-rata peningkatannya adalah 24.71%, pada kelompok sedang rata-rata peningkatannya adalah 21.96% dan pada kelompok rendah rata-rata peningkatannya adalah 26.57%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012 yang diajar melalui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) Kata Kunci : Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI), Prestasi Belajar Matematika
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011