SKRIPSI

Penulis / NIM
HALID NURHAMIDEN / 411406021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
ABSTRAK Halid Nurhamiden. 2012, Skripsi: Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiri terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Suatu Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Satap Batudaa Pantai). Penelitian yang dilakukan merupakan suatu kajian studi eksperimen di salah satu SMP yang ada di Kabupaten Gorontalo, yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran inquiri dengan pembelajaran yang tidak menggunakan metode pembelajaran inquiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 5 Satap Batudaa Pantai yang berjumlah 48 orang dan terdistribusi pada 2 kelas. Sample dalam penelitian ini adalah kelas VIII1 dengan jumlah 23 siswa dan Kelas VIII2 dengan jumlah 25 siswa. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes hasil belajar dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel distribusi frekuensi dengan mempersentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilakukan melalui uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan statistic uji dan diperoleh nilai Lhitung < Ltabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0,0926< 0,184 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,1023 < 0,173. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan didapatkan thitung > ttabel yaitu 4,87 > 2,02. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti yakni hasil belajar siswa dengan pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran inquiri lebih unggul dari hasil belajar siswa dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011