SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMAD ANSAR MUZAKKIR / 411406053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK Muhamad Ansar Muzakkir : ” Model Pembelajaran Direct instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Luas selimut dan Volume Tabung, Kerucut, dan Bola” (Suatu penelitian di SMP Negeri 15 Kota Gorontalo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam. 2013. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Direct instruction terhadap hasil belajar siswa pada materi luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola. Penelitian ini dilakukan karena didasari oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada hampir keseluruhan pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 15 Kota Gorontalo, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling diperoleh kelas IX-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing berjumlah 17 dan 18 orang. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Langkah awal yang dilakukan pada pengujian hipotesis penelitian adalah melakukan pengujian homogenitas dan normalitas data untuk memastikan bahwa data tersebut memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal sehingga pengujian hipotesis dapat menggunakan statistic parametric. Pengujian normalitas data dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors dengan taraf signifikan 0,05. Hasil pengujian menunjukan bahwa L0 < Ldaftar , yang berarti data yang terkumpul berdistribusi normal. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Hasil pengujian menunjukan bahwa thitung > tdaftar, yang berarti bahwa H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Direct instruction, konvensional
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011